Apakah Belanja di Alibaba Aman ?

Ketika membahas cara membeli barang di alibaba, atau cara import barang dari China secara umum, banyak pertanyaan yang masuk seputar apakah belanja di alibaba itu aman ?. Apakah semua penjual di Alibaba bisa dipercaya ? Bagaimana kalau kita sudah membayar harganya, tetapi penjual tidak mengirimkan barangnya ?. OK kita bahas dalam artikel kali ini.

Alasan Kenapa Belanja di Alibaba

Sebelum kita bahas lebih lanjut tentang apakah belanja di Alibaba.com itu aman, kita lihat dulu beberapa alasan kenapa kita harus belanja barang di Alibaba.

  • Di Alibaba kita bisa menemukan ribuan barang yang ditawarkan oleh penjual dari China. Dan seperti kita ketahui, China adalah sumber dari barang barang unik dan kreatif yang menyebar ke seluruh dunia
  • Kita bisa menemukan ribuan supplier atau penjual yang siap membantu pengadaan barang yang kita inginkan, sehingga kita punya banyak pilihan penjual yang bisa diajak bekerjasama
  • Seperti halnya barang buatan China, Alibaba juga menawarkan barang dengan harga yang kompetitif, sehingga kita bisa menjual Kembali di Indonesia dengan keuntungan yang cukup menjanjikan
  • Kita bisa memproduksi barang secara masal, tanpa harus memiliki pabrik sendiri. Jadi kita tinggal memproduksi barang yang kita jual di pabrik supplier di China yang berjualan melalui Alibaba
  • Alibaba menyediakan metode transaksi yang aman, yaitu melalui system Trade Assurance yang disediakan Alibaba

Apa itu Trade Assurance Alibaba ?

Dalam pembahasan diatas, kita tau bahwa Alibaba mengembangkan system trade assurance Alibaba. Apa itu ?. Trade assurance Alibaba adalah system yang disediakan oleh Alibaba sebagai sarana transaksi pembelian / pembayaran antara penjual dan pembeli. Dimana Alibaba akan bertindak sebagai pihak ketiga yang menjamin keamanan transaksi tersebut.

Baca Juga :  Jasa Forwarder Terpercaya

Simpelnya, trade assurance Alibaba itu mirip dengan skema rekening Bersama (rekber) yang saat ini banyak di adopsi oleg marketplace local di Indonesia. Dengan kata lain, apabila kita melakukan pembayaran barang di Alibaba, maka uang akan diterima oleh system di Alibaba terlebih dahulu. Apabila kemudian penjual telah mengirimkan pesanan dan melakukan konfirmasi di system Alibaba, maka uangnya baru akan diteruskan ke penjual, dengan pengawasan system di Alibaba.

Dengan skema ini, diharapkan bahwa penjual dan pembeli sama sama mendapatkan perlindungan. Terutama bagi pembeli yang dalam hal ini berada dalam poisi rentan terhadap kemungkinan yang mungkin dilakukan oleh penjual yang tidak bertanggung jawab.

Apakah Belanja di Alibaba Aman ?

Dengan membaca bahasan tersebut diatas, maka kita sudah bisa mendapatkan sebuah gambaran, bahwa sebenarnya pihak alibaba telah menyediakan media atau system transaksi untuk meningkatkan tingkat keamanan antara penjual dan pembeli, yaitu dengan yang disebut sebagai Trade assurance alibaba.

Dengan skema trade assurance ini, pembeli akan terlindungi dari kemungkinan paling buruk yaitu penipuan oleh penjual yang tidak bertanggung jawab.

Nah, dengan mengikuti skema transaksi melalui trade assurance Alibaba, bisa kita tarik kesimpulan bahwa belanja atau membeli barang di Alibaba itu aman, karena ada jaminan perlindungan oleh pihak Alibaba sebagai penyedia platform jual belinya.

Metode Pembayaran Yang Diterima dalam Trade Assurance Alibaba

Ada beberapa metode pembayaran yang bisa kita gunakan untuk melakukan pembayaran melalui skema trade assurance Alibaba. Yaitu :

  • Melalui kartu visa / mastercard. Ini adalah cara pembayaran yang paling banyak digunakan secara internasional termasuk bagi pembeli dari Indonesia. Kita bisa menggunakan kartu kredit atau debit yang menggunakan jaringan Visa / Mastercard
  • Melalui Paypal. Saat ini kita di Indonesia sudah bisa menggunakan paypal untuk melakukan pembayaran di Alibaba
  • Apple Pay
  • Google Pay
  • Doku adalah platform asal Indonesia yang bisa digunakan untuk pembayaran di Alibaba, dengan batas maksimum Rp. 25.000.000
  • Transfer Bank, TT (Telegraphic Transfer). Ini adalah metode transfer melalui teller di bank, ke rekening yang terdapat di Trade assurance Alibaba. Jadi walaupun transaksi ini dilakukan melalui bank, tetapi tetap dalam pengawasan Alibaba, karena ditransfer ke rekening seller, yang ada dalam control Alibaba. ( escrow account ).
Baca Juga :  Apakah Import Barang dari Alibaba Harus Punya Surat Izin

Nah, demikianlah penjelasan dan jawaban atas pertanyaan apakah belanja di Alibaba itu aman ?. Jawabannya adalah selama pembayaran dilakukan melalui Trade Assurance Alibaba, maka transaksi itu aka naman.

Jika masih bingung mengenai hal ini, atau anda ingin tau lebih detail mengenai cara belanja di Alibaba, atau import dari China lainnya, silahkan menghubungi kami melalui kontak whatsapp dibawah artikel ini. Kami memberikan konsultasi import barang dari China, secara Gratis. Kami juga melayani jasa pembayaran di Alibaba serta jasa forwarder murah China Indonesia terbaik. Salam sukses selalu.

whatsapp forwardermurah.com

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top
× Konsultasi GRATIS Sekarang