Apakah 1688 Aman ? Cek Penjelasan Lengkapnya

Berbelanja secara online sudah jamak dilakukan konsumen Indonesia. Bukan hanya di marketplace lokal, bahkan situs belanja China pun ramai diserbu. Selain Alibaba, marketplace yang tak kalah populer yaitu 1688 pun banyak dipilih. Apakah 1688 aman untuk berbelanja aneka barang?

Ayo Mengenal Marketplace 1688

Situs 1688.com adalah platform perdagangan B2B (Business-to-Business) yang populer di China. Ini adalah salah satu dari banyak platform yang dimiliki oleh Alibaba Group. 1688.com adalah platform yang menghubungkan penjual dan pembeli dalam transaksi grosir, terutama di pasar China.

Berikut beberapa jenis produk yang umumnya dijual di 1688.com:

  • Pakaian dan Aksesoris: Berbagai jenis pakaian seperti pakaian wanita, pria, dan anak-anak, aksesori fashion seperti tas, sepatu, topi, dan perhiasan.
  • Elektronik: Berbagai produk elektronik seperti ponsel pintar, aksesoris elektronik, peralatan elektronik rumah tangga, dan lain-lain.
  • Kecantikan dan Perawatan Pribadi: Produk kecantikan, perawatan kulit, produk perawatan rambut, kosmetik, dan peralatan kecantikan.
  • Perlengkapan Rumah Tangga: Peralatan rumah tangga seperti peralatan dapur, peralatan rumah tangga, dekorasi rumah, dan lain-lain.
  • Mainan dan Hiburan: Mainan anak-anak, peralatan hiburan, dan produk terkait hiburan.
  • Alat dan Peralatan Industri: Alat-alat industri, peralatan kerja, dan alat-alat teknis.
  • Produk Elektrik dan Penerangan: Produk listrik, lampu, perlengkapan kelistrikan, dan komponen penerangan.
  • Produk Olahraga dan Aktivitas Luar Ruangan: Peralatan olahraga, pakaian olahraga, dan perlengkapan aktivitas luar ruangan.
  • Produk Makanan dan Minuman: Produk makanan, minuman, makanan ringan, dan bahan baku makanan.
  • Peralatan Medis: Peralatan medis, perlengkapan kesehatan, dan produk kesehatan lainnya.

Daftar di atas hanya beberapa contoh kategori produk yang dapat ditemukan di pasar grosir 1688. Karena platform ini fokus pada perdagangan grosir, produk-produk tersebut biasanya dijual dalam jumlah besar atau kuantitas tertentu.

Baca Juga :  Cara Mudah Beli Barang Import 1688 Ke Jakarta

Apakah 1688 Aman?

Ada beberapa pertimbangan yang perlu Anda perhatikan sebelum memutuskan untuk beli barang di 1688 ataupun pasar grosir China serupa yaitu :

  1. Bahasa: Situs 1688.com umumnya dalam bahasa Mandarin. Jika Anda tidak menguasai bahasa tersebut, berkomunikasi dengan penjual dan memahami detail produk bisa menjadi masalah.
  2. Keamanan: Sebagai pembeli internasional, Anda perlu waspada terhadap potensi penipuan. Pastikan untuk memeriksa reputasi penjual, ulasan produk, dan melalui langkah-langkah perlindungan yang disediakan oleh platform.
  3. Verifikasi Penjual: Usahakan untuk memverifikasi keaslian dan keandalan penjual atau supplier 1688 sebelum melakukan transaksi. Anda bisa memeriksa informasi penjual seperti lama beroperasi, ulasan dari pembeli lain, dan skor reputasi.
  4. Pengiriman dan Bea Cukai: Pastikan Anda memahami biaya pengiriman internasional, waktu pengiriman yang mungkin lebih lama, serta potensi biaya bea cukai dan pajak impor yang berlaku.
  5. Pembayaran: Pastikan metode pembayaran yang ditawarkan aman dan andal. Alibaba Group umumnya memiliki sistem Escrow yang membantu melindungi pembeli dan penjual dalam transaksi.
  6. Komunikasi: Komunikasi dengan penjual adalah kunci. Pastikan Anda memahami dengan jelas detail produk, spesifikasi, dan segala hal yang terkait sebelum melakukan pembelian.
  7. Pemahaman Produk: Pastikan Anda memahami sepenuhnya produk yang ingin Anda beli. Beberapa produk mungkin memiliki perbedaan dalam standar kualitas atau persyaratan regulasi di Indonesia.

Sebelum berbelanja di 1688.com, disarankan untuk melakukan riset yang mendalam, membaca pengalaman pembeli lain, dan mempertimbangkan apakah risiko dan tantangan tersebut sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan Anda. Selalu utamakan keamanan dan pertimbangan matang dalam setiap transaksi internasional.

Cara Paling Aman Belanja di 1688

Menggunakan jasa forwarder impor saat berbelanja di platform seperti 1688.com bisa dianggap cara paling aman karena beberapa pertimbangan berikut :

  • Pengalaman dan Pengetahuan Lokal: perusahaan forwarder impor china memiliki pengalaman dan pengetahuan lokal yang lebih baik tentang cara bertransaksi di pasar China. Mereka dapat membantu dalam memilih penjual yang terpercaya, memahami proses pembelian, dan mengatasi bahasa yang mungkin menjadi hambatan.
  • Jasa pembayaran: Jasa forwarder China Indonesia umumnya memiliki kemampuan membantu pembayaran barang di 1688 atau situs jual beli China lainnya.
  • Jasa Pengiriman: Jasa forwarder dapat membantu dalam menerima barang di negara China, mengirimkan barang ke Indonesia dan membantu pengurusan hal hal yang terkait dengan kepabeanan di Indonesia.
Baca Juga :  Memanfaatkan 1688.com Untuk Belanja Barang Murah Berkualitas dari China

Nah, dengan menyimak penjelasan diatas, bisa kita simpulkan dua hal yaitu :

  • Berbelanja di 1688.com umumnya aman, karena dilakukan menggunakan skema escrow account (rejber) yang disediakan oleh 1688.com. Tinggal bagaimana kita memilih penjual yang memiliki reputasi baik saja
  • Membeli barang di 1688.com menjadi lebih mudah, jika kita menggunakan bantuan Jasa forwarder atau jasa titip pembelian barang 1688 yang terpercaya.

Buat teman teman semua yang ingin mencoba membeli barang di 1688.com tetapi belum tahu harus mulai dari mana ?. Silahkan menghubungi kami. Kami akan memberikan panduan dari awal hingga selesai. Salam sukses selalu.

whatsapp forwardermurah.com

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top
× Konsultasi GRATIS Sekarang