6 Daftar Barang Yang Memerlukan SNI

Ternyata masih banyak sekali orang yang belum mengetahui bahwa ada barang yang memerlukan SNI. Karena itulah, pada kesempatan ini kami akan memberikan Anda informasi mengenai beberapa barang yang membutuhkan dan harus memiliki SNI.

Barang Yang Memerlukan SNI

Sebenarnya ada banyak sekali barang yang membutuhkan dan harus memiliki SNI demi kenyamanan serta keamanan bagi penggunanya. Nah, adapun beberapa daftar barang yang membutuhkan dan harus memiliki SNI adalah sebagai berikut:

1.   Produk Kecantikan Dan Kesehatan

Barang pertama yang diketahui membutuhkan SNI adalah semua produk kecantikan dan kesehatan. Sebab, semua produk kecantikan dan kesehatan seperti misalnya make up, skincare, suplemen dan lain sebagainya akan langsung berkontak dengan tubuh pelanggan. Karena itu, produk-produk ini haruslah memiliki standar agar tidak membahayakan orang yang menggunakannya.

Semua komposisi dan takaran dari produk tersebut tidak sembarangan alias harus pas, agar tidak menimbulkan efek samping kepada orang yang menggunakannya. Karena itulah, SNI menjadi tolak ukur dalam pembuatan produk tersebut.

2.   Perlengkapan Bayi

Barang berikutnya yang juga membutuhkan SNI adalah berbagai perlengkapan bayi. Sebab, sistem imun dari anak-anak utamanya yang masih bayi masih lemah dan tidak sekuat orang yang sudah dewasa. Itulah kenapa, perawatan bayi tidak boleh sembarangan agar bayi tidak terkena virus dan penyakit yang bisa mengganggu kesehatannya.

Nah, untuk melindungi bayi maka semua barang yang digunakan bayi tidak boleh sembarangan dan harus steril. Itulah mengapa semua produk bayi haruslah memiliki SNI guna memastikan bahwa barang tersebut aman dan layak untuk digunakan.

Baca Juga :  Inilah 6 Barang Barang Impor dari China yang Banyak Diminati

3.   Barang Elektronik

Semua barang elektronik baik itu gadget, TV, kulkas dan lain sebagainya diwajibkan memiliki SNI sebab barang elektronik ini memiliki potensi menjadi sumber bahaya. Hal ini disebabkan, dalam penggunaannya barang elektronik ini menggunakan listrik atau baterai untuk mengoperasikannya sehingga berpotensi untuk menimbulkan kebakaran jika terjadi konsleting listrik atau baterainya meledak.

Jadi sangat wajar bila pemerintah mewajibkan semua perusahaan elektronik untuk membuat barangnya sesuai SNI jika ingin produk elektroniknya bisa di jual bebas. Karena potensi kerugian yang bisa ditimbulkan barang elektronik tersebut cukup besar jika sampai barang elektronik tersebut mengalami masalah karena dibuat tidak sesuai standar. Kerugian ini tidak hanya meliputi materi namun juga jiwa.

4.   Peralatan Rumah Tangga

Peralatan rumah tangga baik itu barang-barang yang digunakan untuk memasak, peralatan makan, tabung gas, dan lain sebagainya juga wajib memiliki SNI. Sebab, sebagai barang yang dekat dengan kehidupan masyarakat dan selalu digunakan setiap hari. Jadi, sudah tentu barang-barang tersebut haruslah aman dan tidak berisiko mengganggu kesehatan dan membahayakan penggunanya.

Namun seringkali dijumpai barang-barang rumah tangga yang jual bebas di luaran sana yang belum memenuhi SNI. Untuk itu, jika Anda hendak membeli barang-barang perlengkapan rumah tangga pastikan bahwa barang tersebut sudah memiliki SNI.

5.   Kendaraan

Bagi masyarakat khususnya, hampir dari setengah penduduknya memiliki kendaraan pribadi untuk digunakan bepergian. Sedangkan sebagian lainnya menggunakan transportasi umum seperti bus, kereta, kapan, pesawat untuk bepergian. Nah, ternyata semua kendaraan yang ada di Indonesia wajib memiliki SNI tanpa terkecuali.

Hal ini dikarenakan untuk memastikan penumpang dari kendaraan tersebut tetap aman selama di perjalanan. Sebab, bukan tidak mungkin ketika berada di tengah perjalanan kendaraan mengalami masalah yang bisa menyebabkan kecelakaan misalnya saja rem blong, mesin mati mendadak, dan lain-lain.

Baca Juga :  Belanja di Aliexpress Kirim Pakai Skema Forwarder

Jika hal tersebut sampai terjadi, selain merugikan pengendara orang lain yang kebetulan berada di dekat kendaraan tersebut turut menjadi korban. Karena itu sangat wajar jika hanya kendaraan yang memiliki SNI saja yang beroperasi, sebab kendaraan tersebut lebih minim risiko.

6.   Bahan Bangunan

Barang terakhir yang harus memiliki SNI adalah bahan-bahan yang digunakan untuk membuat bangunan seperti misalnya bata, semen, genteng dan lain sebagainya. Hal ini bertujuan agar bangunan yang dibuat bisa berdiri kokoh dalam waktu yang lama dan tidak membahayakan orang yang menghuninya karena tiba-tiba ambruk.

Nah, itulah tadi informasi singkat mengenai barang yang memerlukan SNI yang harus Anda ketahui. Semoga informasi singkat yang kami sampaikan di atas bisa berguna dan menambah wawasan Anda mengenai barang-barang yang butuh dan harus memiliki SNI.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top
× Konsultasi GRATIS Sekarang