4 Penyebab Barang Impor Lebih Murah Daripada Barang Lokal

Ternyata masih banyak sekali orang yang belum mengetahui penyebab kenapa barang impor lebih murah daripada barang lokal. Karena itulah, pada kesempatan ini kami akan memberikan Anda informasi mengenai penyebab harga barang impor jauh lebih murah dibandingkan dengan harga barang lokal.

Kenapa Barang Impor Lebih Murah Daripada Barang Lokal

Perlu Anda ketahui, ada beberapa hal yang menyebabkan harga barang impor bisa lebih murah dibandingkan dengan harga barang lokal. Nah, adapun penyebab dari harga barang impor bisa jauh lebih murah dibandingkan dengan barang ekspor adalah sebagai berikut:

1.   Perbedaan Kualitas

Penyebab pertama mengapa barang impor lebih murah dibandingkan dengan harga barang lokal adalah kualitas produk impor cenderung berada di bawah produk lokal. Tentunya Anda sudah tidak asing dengan istilah ada harga maka ada kualitas. Jadi sangat wajar apabila kualitas serta harga dari barang impor berada jauh di bawah harga dari barang lokal.

Ini adalah hal yang cukup wajar dan lumrah, sebab biasanya bahan-bahan yang dipakai pada barang tersebut tidak berasal dari bahan dengan kualitas terbaik. Meskipun begitu, barang impor ini masih tetap layak digunakan dan bila rusak Anda bisa segera menggantinya tanpa khawatir masalah biaya. Jadi bagi Anda yang mudah bosan dan hanya memiliki dana terbatas, adanya barang impor ini tentunya sangat membantu.

Meskipun begitu tetap ada beberapa barang impor dengan harga murah tapi kualitas barangnya cukup tinggi, hanya saja ini sangat jarang sekali. Karena itu jika ingin membeli barang impor dengan harga yang murah namun dengan kualitas yang tinggi Anda perlu melakukan survei terlebih dahulu agar tidak sampai salah beli dan merasa kecewa.

Baca Juga :  Pengiriman Transhipment Barang Melalui Agen Singapore

2.   Peraturan Pemerintah

Penyebab berikutnya yang menyebabkan harga barang impor jauh lebih murah dibandingkan dengan barang lokal adanya aturan dari pemerintah. Barang yang diimpor sepertinya bahan pokok seringkali memperoleh subsidi dari pemerintah. Sedangkan barang lokal seringkali tidak mendapatkan subsidi dari pemerintah.

Hal ini menyebabkan produsen dan penjual barang lokal harus menjual dengan harga normal agar bisa mendapatkan kembali modal untuk perputaran bisnisnya, sekaligus laba untuk memenuhi kebutuhan hariannya. Jika tidak seperti itu maka usaha barang lokal tidak akan bisa berjalan dan membuat rugi pengusahanya.

Sedangkan barang impor yang mendapatkan subsidi dari pemerintah bisa beredar secara luas dengan harga yang murah tanpa menimbulkan kerugian bagi produsen ataupun pengusahanya. Tapi pada umumnya jumlah barang impor yang disubsidi pemerintah ini juga dibatasi agar tidak membuat usaha lokal menjadi rugi karena sedikit peminat.

3.   Perbedaan Proses Produksi

Perbedaan proses produksi juga bisa menyebabkan perbedaan dari harga barang impor dengan barang lokal. Sebab, barang lokal umumnya dibuat menggunakan tangan yang umumnya memakan waktu lebih lama. Tidak hanya itu saja, karena dibuat menggunakan tangan proses ini memerlukan keterampilan yang tinggi agar kualitas dari barang yang dibuat bagus.

Sebaliknya, barang impor pada umumnya dikerjakan menggunakan mesin canggih sehingga tidak memerlukan waktu lama untuk membuatnya. Nah, karena perbedaan lama pengerjaan ini menyebabkan kedua barang tersebut memiliki harga yang berbeda. Hal ini tentunya sangat wajar, sebab hasil akhir dari barang tersebut juga sangat berbeda.

Sebab, umumnya barang yang dikerjakan dengan tangan jauh memiliki hasil akhir yang lebih rapi karena dikerjakan dengan teliti. Hal tersebut tentunya membuat nilai estetika dari barang lokal lebih baik dibandingkan barang impor.

Baca Juga :  Beli Barang di 1688 Bisa Kirim Ke Indonesia?

4.   Dumping

Penyebab terakhir yang membuat barang impor memiliki harga murah ialah karena memang produsen barang tersebut memiliki rencana menjual barang yang produksinya dengan harga murah. Praktik ini sangat umum dilakukan oleh pengusaha untuk bisa menguasai pasar. Tapi tentunya sebelum melakukan praktik ini produsen telah mempertimbangkan berbagai hal terlebih dahulu agar tidak mengalami kerugian.

Beberapa hal yang dipertimbangkan, misalnya saja kualitasnya dibuat tidak tinggi, bahan baku yang digunakan untuk membuatnya murah, ataupun lain sebagainya. Nah, setelah berhasil menguasai pasar dan mengalahkan saingannya baru pengusaha akan perlahan meningkatkan kualitas barang tersebut. Tetapi tidak semuanya melakukan hal tersebut karena ada juga produsen yang tetap menjual barangnya dengan harga murah dan tidak meningkatkan harganya meskipun telah berhasil menguasai pasar.

Penyebabnya, pengusaha tersebut khawatir jika pelanggannya akan berpaling dan tidak lagi mau membeli produk buatan mereka saat harga barang yang mereka jual meningkat. Jika ini sampai terjadi akan membuat pengusaha jadi merugi. Oleh karena itu, tidak perlu heran jika Anda menjumpai pengusaha yang meskipun telah berhasil menguasai pasar, tepi tetap memilih untuk menjual barang produksinya dengan harga yang murah.

Nah, itulah informasi singkat kenapa barang impor lebih murah daripada barang lokal. Semoga informasi singkat mengenai penyebab dari harga barang impor jauh lebih murah dibandingkan dengan harga barang lokal tersebut bisa berguna utamanya bagi Anda yang berencana ingin membeli barang impor.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top
× Konsultasi GRATIS Sekarang